Pengunaan Media Interaktif Dalam Pembelajaran
Assalamuallaikum Wr Wb
Hai Selamat Pagi semua , hari saya akan berbagi informasi tentang manfaat Media Interaktif didalam pembelajaran, saya berharap informasi yang saya berikan dapat menambah pengetahuan semua temen-temen yang baca informasi ini.
besar dalam bidang komunikasi dan pendidikan karena bisa mengintegrasikan teks,
grafik, animasi, audio dan video. Multimedia telah mengembangkan proses pengajaran
dan pembelajaran ke arah yang lebih dinamik. Namun yang lebih penting ialah
pemahaman tentang bagaimana menggunakan teknologi tersebut dengan lebih efektif
dan dapat menghasilkan idea - idea untuk pengajaran dan pembelajaran. Pada masa kini,
guru perlu mempunyai kemahiran dan keyakinan diri dalam menggunakan teknologi ini
dengan cara yang paling berkesan. Suasana pengajaran dan pembelajaran yang
interaktif, lebih menggalakkan komunikasi aktif antara berbagai hal. Penggunaan
komputer multimedia dalam proses pengajaran dan pembelajaran adalah dengan tujuan
meningkatkan mutu pengajaran dan pembelajaran. Dengan berkembangnya teknologi
multimedia, unsur-unsur video, bunyi, teks dan grafik dapat dikemas menjadi satu
melalui Pembelajaran Berbasis Komputer (PBK). Sekarang ini, materi PBM telah
banyak ditemukan dipasaran yang disediakan dalam bentuk VCD atau DVD. Contohcontoh
yang dapat kita temukan seperti ensiklopedia, kamus elektronik, buku cerita
elektronik, materi pembelajaran yang telah dikemas dalam bentuk CD atau DVD dan
masih banyak lagi yang dapat di temui. Konsep permainan dalam pembelajaran
digabung untuk menghasilkan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan.
Pemanfaatan Media interaktif Pembelajaran
Ada 3 tipe pemanfaatan multimedia pembelajaran, yaitu :
1. Multimedia digunakan sebagai salah satu unsur pembelajaran di kelas. Misal
jika guru menjelaskan suatu materi melalui pengajaran di kelas atau berdasarkan
suatu buku acuan, maka multimedia digunakan sebagai media pelengkap untuk
menjelaskan materi yang diajarkan di depan kelas. Latihan dan tes pada tipe
pertama ini tidak diberikan dalam paket multimedia melainkan dalam bentuk
print yang diberikan oleh guru.
2. Multimedia digunakan sebagai materi pembelajaran mandiri. Pada tipe kedua ini
multimedia mungkin saja dapat mendukung pembelajaran di kelas mungkin juga
tidak. Berbeda dengan tipe pertama, pada tipe kedua seluruh kebutuhan
instruksional dari pengguna dipenuhi seluruhnya di dalam paket multimedia.
Artinya seluruh fasilitas bagi pembelajaran, termasuk latihan, feedback dan tes
yang mendukung tujuan pembelajaran disediakan di dalam paket.
3. Multimedia digunakan sebagai media satu-satunya di dalam pembelajaran.
Dengan demikian seluruh fasilitas pembelajaran yang mendukung tujuan
9
pembelajaran juga telah disediakan di dalam paket ini. Paket semacam ini,
seperti dijelaskan di muka, sering disebut CBL (Computer Based Learning).
Jadi alangkah baiknya jika kita sebagai calon guru mampu menggunakan Media dalam penyampain materi yang ingin kita sampaikan kepada murid-murid kita.
Dengan Media Interaktif tersebut siswa diharapkan mampu meningkatkan kualitas semangat belajar mereka.
Cukup sekian informasi yang dapat saya berikan , saya minta maaf untuk segala kesalahan yang saya buat sengaja ataupun tidak sengaja, saya akhiri Wassalamualaikum wr wb.
saya dapat informasi ini dari Artikel yang disusun oleh Nur Hadi Waryanto
Jurusan Pendidikan Matematika.