Assalmuallaikum Wr Wb
Kami dari kelompok 17 mencoba untuk menjelaskan tentang Model ASSURE dan menggabungkan penjelasan ASSURE dengan hasil Survei kami di sekolah SMP 1 Muhammadiyah Bantul.
Model ASSURE adalah salah satu petunjuk dan
perencanaan yang bisa membantu untuk bagaimana cara merencanakan,
mengidentifikasi, menentukan tujuan, memilih metode dan bahan, serta evaluasi.
Dinamakan
‘ASSURE’ karena sebenarnya merupakan singkatan dari beberapa tahapan, yaitu:
A
: Analyze Learner
S
: State Objectives
S
: Select Methods, Media and Materials
U
: Utilize Media and Materials
R
: Require Learner Participation
E
: Evaluate and Revise
Model
ASSURE merupakan jembatan antara peserta didik,
materi dan semua bentuk media, berbasis teknologi dan bukan teknologi. Model
ini mengasumsikan belajar bukan hanya di dalam kelas seperti pertemuan
kuliah/buku teks, tetapi juga menggabungkan pembelajaran di luar kelas dan teknologi
yang digunakan.
Model ini menekankan:
Pengajaran kepada siswa dengan gaya belajar yang berbeda, dan konstruktivis belajar di mana siswa
diwajibkan untuk berinteraksi dengan lingkungan mereka
dan tidak secara pasif menerima informasi.
Enam
proses belajar menurut Model ASSURE:
Tabel 1. Tahapan Model ASSURE
Model
ASSURE ini merupakan rujukan bagi pendidik dalam membelajarkan peserta
didik dalam pembelajaran yang direncanakan dan disusun secara sistematis dengan
mengintegrasikan teknologi dan media sehingga pembelajaran menjadi lebih
efektif dan bermakna bagi peserta didik.
Kami dari kelompok 17 mecoba menggunakan model Assure untuk menganalisis siswa dari SMP 1 Muhammadiya Bantul kelas 1 (Satu). yang pertama kami lakukan adalah menganalisa kebutuhan siswa, Siswa SMP 1 Muhammadiyah sangat kurang memahami tentang grammar dan Vocabulary. Maka dari itu kamu Mencoba untuk membantu siswa SMP 1 Muhammadiyah untuk memahami serta menyukai bahasa inggris khususnya di bagian Grammar dan Vocabulary. Setelah kita menganalisa kebutuhan siswa kita harus mengetahui tentang State Objective atau kondisi pembelajaran siswa, karena Sekolah SMP 1 Muhammadiyah Bantul hanya memiliki 1 lab bahasa dan ketika menggunakannya harus bergantian , maka dari itu kamu tidak terfokus pada pembelajaran di dalam lab, kami akan menciptakan pembelajaran yang bisa di gunakan didalam kelas. Ke-tiga Select Methods, Media and Materials atau menentukan materi atau media apa yang akan di gunakan untuk mengajar siswa SMP 1 Muhammadiyah Bantul, Karena keterbatasan tekhnologi kamu memutuskan untuk menggunkan media Gambar untuk mengajar siswa. Manfaat media Gambar adalah media ini dapat digunakan di mana saja, tidak harus terfokus pada lab bahasa mereka.selanjutnya Utilize Media and Materials, kami akan menyiapkan sebuah gambar aktris atau aktor favorite di dunia dengan ukuran yang besar , dan kemudian kami perlihatkan kepada siswa , sehingga siswa mampu mendiskripsikan gambar tersebut bersama kelompok mereka. Model selanjutnya adalah
Require Learner Participation, didalam proses pembelajaran kami akan membagi siswa menjadi beberapa kelompok, dan kemudian setiap kelompok diharapkan mampu mendiskripsikan gambar dengan benar , dan kemudian menunjuk satu orang untuk membacakan hasil diskusi mereka. Yang terakhir yaitu Evaluate and Revise, kami akan mengevaluasi apakah media ini berhasil atau tidak , jika siswa aktif dan merasa tidak bosan dengan menggunakan media ini kami akan melanjutkan media ini , tapi apabila siswa merasa bosan dan tidak ada peningkatan kami akan mencoba dengan media yang lainnya.
Inilah hasil persentasi dari kelompok 17 , kami harap informasi ini dapat membuat pembaca senang ^_^
Terimakasih
Wassalam ^_^
Kami dari kelompok 17 mecoba menggunakan model Assure untuk menganalisis siswa dari SMP 1 Muhammadiya Bantul kelas 1 (Satu). yang pertama kami lakukan adalah menganalisa kebutuhan siswa, Siswa SMP 1 Muhammadiyah sangat kurang memahami tentang grammar dan Vocabulary. Maka dari itu kamu Mencoba untuk membantu siswa SMP 1 Muhammadiyah untuk memahami serta menyukai bahasa inggris khususnya di bagian Grammar dan Vocabulary. Setelah kita menganalisa kebutuhan siswa kita harus mengetahui tentang State Objective atau kondisi pembelajaran siswa, karena Sekolah SMP 1 Muhammadiyah Bantul hanya memiliki 1 lab bahasa dan ketika menggunakannya harus bergantian , maka dari itu kamu tidak terfokus pada pembelajaran di dalam lab, kami akan menciptakan pembelajaran yang bisa di gunakan didalam kelas. Ke-tiga Select Methods, Media and Materials atau menentukan materi atau media apa yang akan di gunakan untuk mengajar siswa SMP 1 Muhammadiyah Bantul, Karena keterbatasan tekhnologi kamu memutuskan untuk menggunkan media Gambar untuk mengajar siswa. Manfaat media Gambar adalah media ini dapat digunakan di mana saja, tidak harus terfokus pada lab bahasa mereka.selanjutnya Utilize Media and Materials, kami akan menyiapkan sebuah gambar aktris atau aktor favorite di dunia dengan ukuran yang besar , dan kemudian kami perlihatkan kepada siswa , sehingga siswa mampu mendiskripsikan gambar tersebut bersama kelompok mereka. Model selanjutnya adalah
Require Learner Participation, didalam proses pembelajaran kami akan membagi siswa menjadi beberapa kelompok, dan kemudian setiap kelompok diharapkan mampu mendiskripsikan gambar dengan benar , dan kemudian menunjuk satu orang untuk membacakan hasil diskusi mereka. Yang terakhir yaitu Evaluate and Revise, kami akan mengevaluasi apakah media ini berhasil atau tidak , jika siswa aktif dan merasa tidak bosan dengan menggunakan media ini kami akan melanjutkan media ini , tapi apabila siswa merasa bosan dan tidak ada peningkatan kami akan mencoba dengan media yang lainnya.
Inilah hasil persentasi dari kelompok 17 , kami harap informasi ini dapat membuat pembaca senang ^_^
Terimakasih
Wassalam ^_^